Kiat Merintis Bisnis Konveksi Kaos Bagi Pemula

Bisnis Konveksi Kaos – Ada yang mengatakan bahwa bisnis pakaian tidak pernah ada matinya, sepertinya pernyataan ini benar sekali. Sebab faktanya setiap orang akan selalu mengenakan pakaian dengan jenis dan model yang berbeda-beda termasuk pakaian jenis kaos. Dari sinilah mungkin pemikiran mendasar kenapa mulai banyak bermunculan bisnis kaos distro di berbagai daerah di Indonesia.

Semakin banyaknya pelaku usaha kaos distro secara tidak langsung juga mengundang para pelaku dunia usaha untuk membuka bisnis konveksi kaos. Melihat peluang pasar yang begitu luas, merintis dan membangun bisnis konveksi kaos sepertinya menjadi salah satu piihan bisnis yang akan sangat menggiurkan.

Nah, di artikel ini kami ingin berbagi tips bagaimana merintis bisnis kaos bagi pemula sehingga konveksi kaos yang suda dibangun dapat berjalan dengan baik dan mencapai target pasar yang diharapkan. Silahkan disimak ulasannya beriktu ini.

  1. Produk
    Produk adalah bagian terpenting dalam kelangsungan bisnis konveksi kaos sehingga perlu sekali diperhatikan. Anda yang tengah membangun usaha konveksi kaos haruslah menentukan produksi konveksi agar konveksi kaos lebih terarah.

Secara umum produksi konveksi kaos dapat dibagi menjadi 3, yaitu jasa konveksi yang berarti memproduksi kaos sesuai dengan orderan, barang produksi yang berarti membuat kaos dengan desain kaos tertentu dan kemudian dipasarkan langsung, dan gabungan keduanya yang berati menerima orderan kaos desain custom dan membuat kaos rancangan sendiri lalu memasarkannya langsung.

Selanjutnya menentukan produksi kaos dengan menggunakan satu pilihan bahan utama. Bahan untuk pembuatan kaos bisa dari jenis kain katun combed dan polyester. Kedua bahan kaos ini mempunyai kualitas dengan kelas tipenya masing-masing. Dengan menentukan salah satu bahan kaos dalam standar produksi di konveksi kaos yang anda jalankan akan membentuk kesan spesialis pada hasil produksi anda dan seiring berjalannya waktu ini akan berpengaruh terhadap kepopuleran konveksi kaos anda.

  1. Target Pasar
    Penentuan target pasar juga menjadi bagian dalam penerapan strategi pemasaran hasil produksi kaos. Dengan target pasar yang sudah ditentukan, rancangan kaos dan standar produksi akan lebih jelas termasuk harga yang akdan dibandrol pada kaos.
  2. Brand
    Nama dan logo merupakan perwakilan dari identitas usaha yang dijalankan termasuk konveksi kaos. Dengan memberi label dan brand khsusu (unik dan mudah diingat) pada tiap kaos yang dibuat secara tidak langsung menjadi media promosi usaha konveksi koas anda.
  3. Badan Usaha
    Perseroan Terbuka (PT), Persekutuan Komanditer (CV), Firma, atau badan usaha perseorangan adalah opsi betuk usaha yang bipilih. Dengan memahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis badan usaha ini, anda bisa menyesuaikan jenis badan usaha apa yang cocok dengan bisnis konveksi koas anda.
  4. SDM
    Aktivitas produksi di konveksi kaos yang anda jalankan harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang kompeten baik pada posisi produksi, administrasi, maupun pemasaran. Jika ketika posisi ini saling bersinergi dan mampu bekerja secara maksmila maka dipastikan konveksi kaos anda akan berkembang pesat.
  5. Perlengkapan
    Tentunya SDM yang dimiliki oleh konveksi kaos anda juga harus diimbangi dengan perlengkapan peralatan yang lengkap dari mulai mesin jahit, peralatan sablon, dan media promosi produk.
  6. Bahan
    Selanjutnya urusan bahan, baik itu bahan kain kaos, label kaos, tag kaos dan kemasan juga harus dipersiapkan.
  7. Tempat
    Terakhir adalah tempat usaha konveksi kaos. Langkah awal sebaiknya anda memanfaatkan rumah pribadi atau sewa rumah sederhana yang nyaman untuk aktivitas produksi. Seiring terus bertumbungnya bisnis konveksi kaos anda bisa membeli tempat yang lebih luas dan nyaman untuk kelangsungan produksi bisnis konveksi kaos anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *